Menyembunyikan Komputer Dari Jaringan


Untuk menghindarkan mencegah orang lain untuk mengakses komputer kita dari jaringan, kita bisa menyembunyikan status komputer kita dari Network Neighborhood.
Caranya lumayan gampang kita perintahkan aja supaya windows NT kita untuk menyembunyikan dirinya sendiri dari pandangan masyarakat komputer di jaringan (cieeee. . . . . :p )
itu sih bahasa gampangnya, nah lho trus ada pertanyaan gimana kalo temen² kita mau atau kita sendiri mau akses komputer tersebut dari komputer lain? kan ‘ga keliatan?
Nah, kalo itu masalahnya gampang. Semua orang yang tau Nama Komputer atau alamat IP komputer tersebut ya tetap bisa mengakses seperti biasa.
Nah sekarang caranya bagaimana?
Cukup mudah :

1. Klik Start -> Run dan ketikkan cmd (Command Prompt) Kemudian Klik OK
2. Di kotak command prompt Ketikkan perintah berikut:

net config server /hidden:yes

3. Sekarang komputer kita sudah tersembunyi dari Network Neighborhood.Perintah tersebut diatas akan menuliskan nilai dword “hidden” di registry :
‘HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters’
dengan nilai “1″. Ini akan memerintahkan agar ‘Server’ service (yang berjalan di Windows NT workstation seperti yang di Windows NT Server) untuk menyembunyikan dirinya dari daftar browser komputer ( atau “Network Neighborhood”).
Tentu saja jika seseorang tau dengan pasti nama komputer atau IP komputer tsb, dia akan bisa melakukan koneksi langsung dan menggunakan service yang ada, tetapi hal ini dapat juga kita blok dengan menghentikan sebagian besar service yang berjalan di Windows NT , atau dengan cara menginstall sebuah Firewall.
Hal ini berlaku untuk Win NT, Win 2000, Win XP, tetapi sudah di test di Windows Vista dan Windows 7 berjalan dengan baik.Atau menggunakan cara lain :

Cara ini sebenarnya sudah ada di dalam windows tetapi beberapa windows tidak memiliki tools ini.
1. Klik Start -> run -> ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda petik).
2. Setelah masuk ke gpedit.msc, pilih User Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> Windows Explorer -> No Computers Near Me In Network Locations.
3. Setelah itu bila perlu restart komputer.

Posted on 16/11/2012, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: